Close  

23 Agustus 2013

Solusi Konsultasi Karier, Bakat Minat, Problem Rumah Tangga

Bingung mengarahkan jurusan sekolah/kuliah ananda tercinta? Konsultasi ke Klinik Psikologi RSD Mardi Waluyo Kota Blitar bisa menjadi pilihan yang tepat. Manfaatnya, agar anak-anak kita memilih jurusan sekolah/kuliah yang benar-benar sesuai minat bakat dan kemampuan mereka.

”Konseling bakat minat adalah salah satu layanan yang bisa diberikan di Klinik Psikologi Rumah Sakit Mardi Waluyo,” kata Agustina Dwi Rahmawati, M.Psi, Psikolog, pengasuh Klinik Psikologi RSD Mardi Waluyo Kota Blitar.

Mbak Tina –begitu ia akrab disapa, red- lebih lanjut menjelaskan, layanan di Klinik Psikologi RSD Mardi Waluyo Kota Blitar mencakup 2 (dua) hal yaitu Klinis dan Non Klinis. Untuk layanan yang bersifat klinis meliputi layanan konseling atau psiko teraphy yang mana pasien disertai penyakit. Mayoritas pasien (sekitar 90% - red) rujukan dari Poliklinik Penyakit Dalam dan Rumah Sakit Swasta, sedangkan sisanya rujukan dari Poliklinik lain misalnya Poli THT dan Poli Saraf.

Sementara itu untuk layanan yang bersifat Non Klinis meliputi test bakat minat, konseling karier dan pekerjaan, serta konseling yang secara tidak langsung berhubungan dengan kondisi klinis pasien seperti insomnia (sulit tidur) atau gastitris (maag) setelah melalui proses konseling diketahui ternyata pasien memiliki masalah keluarga.

Menurut Tina alumni Program Magister Pendidikan Profesi Psikologi UGM tahun 2009 ini, layanan di Klinik Psikologi RSD Mardi Waluyo sudah memenuhi standar. Lokasinya mendukung, ditunjang suasana ruangan klinik yang nyaman sehingga membuat pasien merasa at home. Perempuan asli Bence Garum Blitar ini juga menjelaskan, untuk jenis pelayanan yang ditawarkan kepada masyarakat ada 5 (lima). Yaitu TesKecerdasan, Tes Kepribadian, Observasi atau Interview, Paket Pemeriksaan Bakat dan Seleksi Calon Karyawan, serta Konseling atau Psikoterapi.

Selanjutnya untuk setiap jenis pelayanan masih dipilah-pilah lagi dalam berbagai materi. Misalnya untuk jenis layanan Konseling, meliputi konseling anak dan remaja, konseling dewasa, konseling keluarga dan perkawinan, serta relaksasi. Untuk jenis pelayanan Paket Pemeriksaan dibagi dalam dua materi yaitu Paket Pemeriksaan Bakat Lengkap berupa tes kecerdasan, tes kepribadian, tes akat/minat, konseling dan hasil psikotes. Kemudian Paket pemeriksaan Seleksi Calon Karyawan meliputi tes kemampuan umum, tes kemampuan khusus, tes kepribadian, konseling dan hasil psikotes.

Untuk layanan Observasi atau Interview aplikasinya berupa pelayanan kunjungan ke luar rumah sakit, bukan pasien yang datang ke rumah sakit melainkan psikolog yang mendatangi pasien. Kemudian untuk jenis layanan Tes Kecerdasan dan Tes Kepribadian menggunakan metode yang lazim digunakan dalam ilmu psikologi. Misalnya menggunakan metode Pauli / Kraeplin untuk Tes Kepribadian atau menggunakan tehnik WICS untuk Tes Kecerdasan.

Klinik Psikologi RSD Mardi Waluyo Kota Blitar resmi dibuka dan memberikan pelayanan mulai 1 April 2010 lalu, bersamaan dengan Hari Jadi Kota Blitar. Merupakan satu-satunya Klinik Psikologi yang ada di wilayah Blitar, Tulungagung dan Trenggalek. Dengan adanya Klinik Psikologi, layanan di rumah sakit milik Pemerintah Kota Blitar tersebut bukan hanya semakin lengkap saja. Namun juga memberikan kontribusi upaya penyembuhan atau pencegahan terhadap gangguan jiwa. Dan berperan serta dalam membentuk perilaku sehat secara perorangan maupun kelompok masyarakat, juga meningkatkan perkembangan jiwa dan kualitas hidup seseorang dan kelompok.(humas rsd mardi waluyo)


FormLogin


Video Profil

Pengunjung


Polling

Kartu jaminan kesehatan yang Anda miliki ?
Askes (346)  
  
Jamkesmas (77)  
  
Jamsostek (33)


Website Link