Kini Lebih Baik
Close  

24 Oktober 2012

RSD Mardi Waluyo Rintis Penerapan Clinical Pathways

dr. Husein (tengah) memberi arahan peserta pembekalan Clinical Pathways didampingi dr. Sukardi, Sp.A (kiri) dan dr. Novi Irawan, Sp.S (kanan)

Blitar: Menyongsong pemberlakuan program Jaminan Sosial Nasional (JSN) tahun 2013, RSD Mardi Waluyo Kota Blitar menyiapkan diri dengan merintis penerapan Clinical Pathways. Clinical Pathways adalah panduan penatalaksanaan pelayanan pasien sesuai standar terapi sehingga terjadi efisiensi biaya dan mutu pelayanan terjamin. Kemarin (23/10/2012) rumah sakit plat merah milik Pemerintah Kota Blitar ini menggelar pembekalan bagi seluruh dokter, kepala ruang dan kepala instalasi. Pembekalan berlangsung di Ruang Komite Medik dengan nara sumber salah satu dokter senior dr. Sukardi, Sp.A.


Direktur RSD Mardi Waluyo Kota Blitar dr. Husein Abdul Racman saat membuka acara menyampaikan harapannya agar semua dokter serius menyiapkan diri dalam menerapkan Clinical Pathways. Dalam menyusun Clinical Pathways, bias berdasarkan literature dokter dari masing-masing kolegium, juga bias dari Standar Pelayanan Medis (SPM) yang diterbitkan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan dari standar terapi center pendidikan masing-masing.

“Dengan penerapan Clinical Pathways, agar pasien semakin percaya dengan kualitas layanan yang kita berikan, karena kita memberikan pelayanan benar-benar sesuai dengan standar terapi,” kata dr. Husein.

Sementara itu dr. Sukardi, Sp.A yang menjadi nara sumber dalam pembekalan tersebut mengatakan, Clinical Pathways memberikan jaminan kepada pasien bahwa semua tindakan pelayanan yang diberikan benar-benar sesuai standar terapi.

“Setelah pembekalan ini, setiap dokter harap menyetorkan Panduan Praktek Klinis (PPK) dan Clinical Pathways 10 penyakit terbanyak di masing-masing staf medis fungsional (SMF) ke Komite Medik,” urai dr. Kardi.

Sebelumnya, beberapa bulan yang lalu seluruh dokter di RSD Mardi Waluyo Kota Blitar menghadirkan nara sumber tokoh penyusun Clinical Pathways dari RSUP Fatmawati Jakarta dr. Dody Firmanda, Sp.A, MA.

“Pembekalan kali kedua ini merupakan tindak lanjut dari pembekalan sebelumnya yang telah disampaikan oleh dr. Dody,” ungkap Ketua Tim Pengelola Panduan Praktik Klinik (PPK) dan Alur Klinik (Clinical Pathways) RSD Mardi Waluyo dr. Novi Irawan, Sp.S.(humas)


FormLogin


Video Profil

Pengunjung


Polling

Kartu jaminan kesehatan yang Anda miliki ?
Askes (362)  
  
Jamkesmas (89)  
  
Jamsostek (33)


Website Link