Kini Lebih Baik
Close  

15 Juni 2013

RSD MARDI WALUYO KOTA BLITAR BISA BIKIN GIGI ANDA INDAH

Kondisi Gigi Tonggos Salah Satu Pasien Klinik Gigi

Punya Spesialis Yang Bisa Meratakan Gigi Tongos

Blitar - Punya gigi tidak rata (tongos, berdesakan, gingsul, bogang), bisa menjadi penghalang seseorang untuk tampil percaya diri. Tidak bisa tertawa lepas karena malu ketidak-indahan giginya dilihat orang lain. Selain itu, bentuk gigi yang tidak rata juga menghilangkan peluang untuk memasuki lembaga pendidikan dan profesi yang mensyaratkan bentuk gigi yang rata. Misalnya untuk menjadi tentara atau polisi.

Namun perkembangan kemajuan ilmu kedokteran, berbagai masalah ketidak-indahan gigi bisa diatasi, melalui Perawatan Ortodonti oleh dokter gigi spesialis ortodonti. Spesialis ortodonsia adalah seorang dokter gigi yang telah menjalani pendidikan formal, meliputi latihan ketrampilan klinik serta penelitian selama 4 tahun. Dan RSD Mardi Waluyo Kota Blitar, sejak April 2013 lalu membuka pelayanan Perawatan Ortodonti di Klinik Gigi oleh dr. Anselma Anggraeni, Sp.Ort.

“Dengan Perawatan Ortodonti, gigi bisa dirapikan sehingga gigi akan berfungsi maksimal sebagaimana mestinya,” terang dr. Anselma tadi siang (15/06/13) saat ditemui usai pelayanan di Klinik Gigi RSD Mardi Waluyo. Lebih lanjut dokter berwajah manis ini menjelaskan, fungsi gigi yang dimaksud adalah fungsi kunyah dan fungsi bicara. Perawatan ortodonti atau perawatan merapikan gigi juga bertujuan memperbaiki estetika wajah dan susunan gigi, misalnya gigi tongos, nyakil, berdesakan, gigitan dalam dan gigitan terbuka. Alat yang digunakan ada dua macam, yaitu alat ortodonti lepasan dan alat ortodonti cekat.

KAPAN WAKTU YANG TEPAT UNTUK MELAKUKAN PERAWATAN ORTODONTI?

dr. Anselma Anggraeni, Sp.Ort
Ada anggapan yang salah pada masyarakat bahwa gigi permanen harus tumbuh semua baru bisa dirawat orotodonti. Namun berdasarkan studi klinis, konsultasi awal sebaiknya dilakukan pada usia 7 tahun, karena ada kasus tertentu yang harus dirawat sedini mungkin dengan memanfaatkan faktor pertumbuhan.

Pertumbuhan gigi yang buruk, biasanya dipicu kebiasaan buruk si anak sejak kecil. Misalnya: menghisap jempol tangan, menghisap bibir bawah, dan bernafas melalui mulut. Kebiasaan-kebiasaan buruk itu bisa menyebabkan gigi tongos dan gigitan terbuka. Namun secara umum, perawatan ortodonti dapat juga dilakukan pada orang dewasa umur berapapun. Asalkan jaringan penyangga gigi sehat dan gigi tidak goyang. Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan perawatan, tergantung tergantung pada parah atau ringannya suatu kasus. Apabila kasus ringan, sekitar 1 – 2 tahun.

JANGAN ASAL PASANG BEHEL

Jika salah pilih tempat, tidak pada spesialis ortodonti, besar peluang akan terjadi kesalahan akibat perawatan orotodonti yang tidak benar. Misalnya akar gigi justru menonjol keluar, gigi malah bertambah maju, atau gigi menjadi rata tapi tidak kontak atas bawah sehingga sulit makan. Karena itulah sangat disarankan dalam pemasangan behel untuk merapikan gigi, pasien sebaiknya memilih dokter spesialis ortodonti.

Selama menjalani perawatan ortodonti, pasien harus melakukan beberapa hal agar hasilnya maksimal. Meliputi: menjaga kebersihan mulut, menjaga cara makan dengan cara makanan harus dipotong kecil-kecil terlebih dulu, menghindari makanan lengket dan keras, serta harus kontrol sesuai jadwal yang telah ditentukan. Selain itu, selama masa perawatan, pasien akan merasa tidak nyaman. Saat dipasang behel, muncul kekuatan untuk menggerakkan gigi, yang dapat memicu terjadinya sariawan. Jika pasien tidak menjaga kebersihan mulut, maka akan timbul bercak putih pada permukaan gigi, terjadi radang gusi, hingga gigi bisa berlubang.

Setelah masa perawatan selesai, masih harus dilakukan langkah terakhir agar gigi tetap rata. Harus segera dipasang alat retainer untuk mempertahankan posisi gigi yang sudah baik. Durasi pemakaian antara setahun atau lebih, tergantung dari berat ringannya kasus. Jika pasien tidak memakai retainer sesuai anjuran maka posisi gigi akan kembali tidak bagus seperti sebelumnya. (humas)


FormLogin


Video Profil

Pengunjung


Polling

Kartu jaminan kesehatan yang Anda miliki ?
Askes (362)  
  
Jamkesmas (89)  
  
Jamsostek (33)


Website Link