Kini Lebih Baik
Close  

22 Maret 2014

Cegah Stroke, Ubah Pola Hidup Lebih Sehat

Blitar. Stroke merupakan salah satu gangguan pembuluh darah otak secara mendadak yang merupakan penyebab kematian tertinggi di dunia setelah serangan jantung. Penyakit ini dapat menyerang mulai usia 20 tahun dan bukan disebabkan trauma/kecelakaan.

dr. Yudi Cahyono, Sp.BS, dokter spesialis bedah syaraf RSD Mardi Waluyo Kota Blitar mengatakan, penyakit stroke dipengaruhi oleh 4 (empat) faktor, yaitu usia, genetik, ras dan jenis kelamin. Pria memiliki resiko lebih tinggi ketimbang wanita, dikarenakan pria tidak memiliki hormon estrogen. Stroke juga dapat disebabkan faktor lainnya, diantaranya kebiasaan merokok, kurang olahraga/beraktifitas, obesitas, diabetes, hipertensi.

Selain adanya kelainan pada pembuluh darah (stroke), Poliklinik Bedah Syaraf RSD Mardi Waluyo Kota Blitar juga dapat menangani adanya kelainan susunan syaraf otak dan sumsum tulang belakang, dan kelainan metabolisme seperti kolestrol tinggi, gula darah tinggi, hipertensi.

\\\"Apabila ada kelainan pada metabolisme, segera perbaiki pola hidup seperti rajin berolahraga, stop merokok\\\" himbaunya.

dr. Yudi menambahkan, syaraf merupakan alat untuk menggerakkan tubuh, selain juga sebagai pusat pancaindra dan daya pikir. Gangguan syaraf dapat disebabkan karena trauma, infeksi, kelainan bawaan, kelainan faskuler, dan tumor. Operasi bedah syaraf dapat dilakukan untuk merestorasi sistem anatomi tubuh, diantaranya mengambil tumor yang ada. (humas)


FormLogin


Video Profil

Pengunjung


Polling

Kartu jaminan kesehatan yang Anda miliki ?
Askes (366)  
  
Jamkesmas (90)  
  
Jamsostek (33)


Website Link