Kini Lebih Baik
Close  

29 Maret 2014

Lancarkan Persalinan, Senam Hamil Minimal 3 Kali

Blitar. Selama masa kehamilan seorang ibu perlu menjaga kondisi badan agar tetap sehat. Selain asupan nutrisi yang sehat, juga diperlukan senam khusus untuk ibu hamil secara teratur untuk menjaga kehamilan tetap sehat dan melancarkan proses melahirkan,namun sayangnya masih banyak calon ibu yang kurang menyadari pentingnya melakukan senam hamil selama masa kehamilan berjalan.

Ida Maysaroh,A.MF , fisioterapis pada RSD Mardi Waluyo mengatakan, banyak calon ibu yang takut untuk melakukan aktifitas selama masa kehamilan, padahal banyak manfaat yang didapat dengan melakukan senam ibu hamil  di antaranya menguatkan otot – otot kandungan sehingga disaat melahirkan otot – otot dalam kandungan kuat, membenarkan posisi bayi dalam kandungan, mengurangi nyeri punggung dan bengkak pada kaki, melatih pernafasan pada ibu hamil, dan memperbaiki postur ibu hamil.

Pihaknya menambahkan senam  ibu hamil bisa dilakukan ketika usia kehamilan mencapai 24 minggu atau 6 bulan, disarankan dilakukan minimal 3 kali selama masa kehamilan. Sebelum melakukan senam hamil dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu pada ibu hamil, meliputi pemeriksaan tensi / tekanan darah serta tanda – tanda vital  ibu hamil di poli kandungan, kemudian baru dilakukan senam hamil.Apabila ibu hamil mengalami sesak pernafasan, senam hamil  langsung dihentikan.

Dengan menggunakan pakaian olah raga atau pakaian yang longgar dan nyaman, ibu hamil bisa melakukan senam ibu hamil dengan menggunakan matras dengan irama gerakan yang tidak keras sehingga memberikan relaksasi pada ibu. Durasi senam hanya sekitar  30 menit, 10 menit pertama pemanasan, 10 menit kedua senam inti dan 10 menit berikutnya pendinginan. Senam ibu hamil juga bisa memperbaiki postur tubuh ibu hamil dengan melakukan gerakan senam dinding.

”Untuk mencegah nyeri pinggang pada ibu hamil, disarankan untuk duduk dengan posisi punggung tegak serta jangan menggunakan sepatu hak tinggi (high heels)” imbuh Ida.

Poli senam hamil  RSD Mardi Waluyo  buka setiap hari jum’at dan dapat melayani pasien hingga 9 orang. Instruktur senamnya pun seorang ahli fisioterapis dan dipandu video dari RSUD Dr. Soetomo Surabaya. (humas)


FormLogin


Video Profil

Pengunjung


Polling

Kartu jaminan kesehatan yang Anda miliki ?
Askes (362)  
  
Jamkesmas (89)  
  
Jamsostek (33)


Website Link