Kini Lebih Baik
Close  

26 April 2014

Antisipasi Banyak Korban, RSD Mardi Waluyo Gelar Simulasi Kebakaran

Blitar. Kebakaran merupakan salah satu bencana (disaster) yang dapat mengakibatkan banyak korban atau kerusakan dan kejadiannyapun terjadi secara tiba– tiba. Untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran, RSD Mardi Waluyo melakukan Sosialisasi dan Simulasi Prosedur Keadaan Darurat Kebakaran, Jum’at (25/4), bertempat di Ruang Pertemuan RSD Mardi Waluyo Kota Blitar.

dr. Budi Santoso, Ketua Tim Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) mengatakan, sosialisasi ini perlu digelar untuk mengantisipasi kebakaran yang dapat mengganggu kegiatan pelayanan di RSD Mardi Waluyo. Setiap gedung maupun ruang pelayanan sebaiknya dipasang Fire Alarm untuk mendeteksi kebakaran seawal mungkin sehingga tindakan pengamanan yang diperlukan dapat segera dilakukan. Peringatan alarm kebakaran yang berbunyi harus dilakukan pengecekan ke lokasi, apakah terjadi alarm palsu atau tidak ?. Setelah dilakukan pengecekan, baru dilakukan pemberitahuan ke seluruh karyawan/umum sehingga tindakan evakuasi dapat dimulai.

Prosedur penanganan kebakaran bagi seluruh penghuni/karyawan gedung terdiri dari 5 tahap. Tahap pertama saat melihat api, penghuni dihimbau tetap tenang, jangan panik, lalu harus membunyikan alarm atau berteriak kebakaran. Tahap kedua, menyelamatkan dokumen penting, memindahkan keberadaan benda-benda yang mudah terbakar, dan mematikan semua peralatan yang menggunakan listrik. Tahap ketiga, tutup semua pintu kantor namun jangan menguncinya, tunggu instruksi evakuasi yang dipandu oleh petugas evakuasi, dan jangan sekali-kali kembali untuk mengambil barang yang tertinggal. Tahap keempat saat evakuasi, segera menuju tangga darurat terdekat, dan berjalan biasa (jangan lari) bersama dengan yang lainnya. Tahap kelima, penghuni yang mengungsi agar tertib dan apabila ada yang terluka diharap segera melapor ke petugas medis untuk mendapatkan pengobatan.

dr. Budi menambahkan, penanggulangan kebakaran ditangani oleh 3 unsur, yaitu Petugas ERT (Firewarden) dan Fire Brigade, Bantuan dari masyarakat, dan Dinas Pemadam Kebakaran. Selain kebakaran, keadaan darurat yang perlu penanganan segera diantaranya gempa, kecelakaan kerja/lalulintas, kerusuhan dan lainnya. (humas)


FormLogin


Video Profil

Pengunjung


Polling

Kartu jaminan kesehatan yang Anda miliki ?
Askes (362)  
  
Jamkesmas (89)  
  
Jamsostek (33)


Website Link