Kini Lebih Baik
Close  

03 Mei 2014

Patologi Klinik Penentu Diagnosis Medik

Blitar. Upaya meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat secara umum, baik spesialis maupun non spesialis, tidak akan tercapai tanpa kerjasama dengan dokter spesialis patologi klinik sebagai penentu diagnosis medik.

dr. Bernard Theodore Ratulangi, Sp.PK, dokter spesialis patologi klinik RSD Mardi Waluyo Kota Blitar mengatakan, laboratorium patologi klinik dapat melakukan berbagai macam pemeriksaan spesimen seperti darah, urine, tinja, cairan tubuh sehingga dapat membantu para dokter untuk menegakkan diagnosis, memantau perjalanan penyakit, dan menentukan diagnosis.

"Hasil pemeriksaan laboratorium ini digunakan untuk diagnosis yang berhubungan dengan penyakit pasien, bukan untuk keperluan menentukan kadar alkohol, kejernihan air, dan lain sebagainya" imbuh dr. Bernard.

dr. Bernard menambahkan, pemeriksaan di laboratorium patologi klinik RSD Mardi Waluyo Kota Blitar saat ini sudah menggunakan alat-alat otomatis (modern) yang diharapkan dapat mengurangi terjadinya human error. Misalnya dalam pemeriksaan urine, sample urine cukup diletakkan dalam alat khusus dan dalam beberapa menit kadar protein, glukosa, urobilin, urobilinogen, dan sebagainya sudah dapat diketahui. 

Pemeriksaan yang dapat dilakukan diantaranya pemeriksaan urine lengkap, darah lengkap (DL), gula darah, cairan otak, sumsum tulang, mikrobiologi, hormon tiroid, tes kehamilan, tes infeksi virus (HIV, hepatitis), tes fungsi hati, tes fungsi ginjal, toksikologi (narkoba), dan lainnya. Lamanya waktu tunggu hasil pemeriksaan sekitar 30 menit - 90 menit, dibawah standar nasional sekitar 140 menit.

Pada tahun 2014 ini, RSD Mardi Waluyo juga akan membuka layanan pemeriksaan mikrobiologi kultur guna mengetahui jenis kuman penyebab infeksi dan sensifitas kuman tersebut terhadap antibiotika. Layanan ini mampu menghasilkan hasil pemeriksaan lebih cepat dibandingkan dengan layanan di laboratorium lain yang membutuhkan waktu 1 minggu - 10 hari.

Selain itu, RSD Mardi Waluyo Kota Blitar juga memiliki peralatan untuk melakukan analisa gas darah yang belum dimiliki oleh rumah sakit atau laboratorium klinik di sekitarnya. Hal ini sesuai dengan visi misi instalasi patologi klinik/laboratorium yang  ingin mewujudkan layanan laboratorium klinik rujukan bagi rumah sakit maupun laboratorium klinik sekitar, baik dari sisi jenis pemeriksaan maupun darisisi konsultatif. (humas) 


FormLogin


Video Profil

Pengunjung


Polling

Kartu jaminan kesehatan yang Anda miliki ?
Askes (362)  
  
Jamkesmas (89)  
  
Jamsostek (33)


Website Link