Kini Lebih Baik
Close  

24 Mei 2014

Pencitraan Medis Tegakkan Diagnosis Akurat

Blitar. Radiologi merupakan bagian dari penegakan diagnosis yang akurat yang dilakukan dokter untuk mengobati penyakit. Teknologi pencitraan yang digunakan awalnya berupa frekuensi berbentuk sinar-x (x-ray), namun sekarang sudah memakai pemindaian (scanning) gelombang sangat tinggi (ultrasonic) seperti ultrasonography (USG) dan magnetic resonance imaging (MRI).

dr. Fitri Purbasari, Sp.Rad, dokter spesialis radiologi RSD Mardi Waluyo Kota Blitar mengatakan, pencitraan medis yang dilakukan kemudian dibaca atau diinterpretasikan berguna untuk mendeteksi kelainan, menentukan penyakit dan seberapa serius penyakit tersebut. Itulah sebabnya, mengapa pasien seringkali harus menunggu untuk mendapatkan hasil rontgen (sinar-x) atau gambar lainnya bahkan setelah dokter telah mengkajinya.

Saat akan melakukan pemeriksaan/pencitraan medis, pihaknya akan menggunakan baju apron dan memakai pelindung tiroid untuk mencegah radiasi yang dapat mengganggu hormonitas didalam tubuh. Pencitraan yang dilakukan menggunakan X-Ray, USG, HSG (Hystero Salphingraphy), CT (Computed Tomography) Scan.

X-Ray diantaranya digunakan untuk pencitraan dada (thorax), kepala, gigi, tulang. HSG untuk pencitraan organ reproduksi wanita. USG untuk pencitraan perut, payudara, testis, dan lainnya. Sedangkan CT Scan dapat melakukan pencitraan seluruh bagian tubuh, mulai dari kepala hingga kaki. CT Scan mampu menghasilkan pencitraan pada tulang, jaringan lunak, bahkan pembuluh darah, biasanya dibutuhkan untuk diagnosis penyakit dalam dan segala macam bedah (syaraf, tulang, dan lainnya).

dr. Fitri menambahkan, selain menginterpretasikan hasil, seorang spesialis radiologi harus berkonsultasi dengan dokter utama untuk membantu pementukan diagnosa sehingga dapat memberikan terapi yang tepat dan benar. Untuk itu, spesialis radiologi harus mempelajari seluruh tubuh, harus tahu bagaimana anatomi, patofisiologi dan fisiologis, sehingga permintaan dari klinis (dokter) lain dapat terjawab. (humas)


FormLogin


Video Profil

Pengunjung


Polling

Kartu jaminan kesehatan yang Anda miliki ?
Askes (362)  
  
Jamkesmas (89)  
  
Jamsostek (33)


Website Link