Kini Lebih Baik
Close  

07 Juni 2014

Berpeluang Sembuh, Pasien Kritis Dapat Ditangani ICU

Blitar. Pelayanan perawatan pasien intensif berbeda dengan pelayanan perawatan pasien di ruang rawat biasa. Hal ini karena pasien yang dapat masuk ke Intensive Care Unit (ICU) adalah pasien  yang sakit berat, kritis, dan terancam jiwanya sewaktu-waktu karena kegagalan/disfungsi satu atau beberapa organ tubuh namun masih ada kemungkinan dapat disembuhkan kembali.

Muhamad Jaelani, S.Kep, Ns, Kepala Ruang ICU RSD Mardi Waluyo Kota Blitar mengatakan, pelayanan intensif yang diberikan bertujuan untuk mempercepat proses penyembuhan, mengoptimalkan kemampuan fungsi organ tubuh, mempertahankan kehidupan dengan mencegah terjadinya kondisi memburuk melalui monitoring yang ketat. Namun, pasien yang masuk ICU harus dikirim oleh dokter disiplin lain diluar ICU setelah berkonsultasi dengan dokter ICU.

Prioritas penanganan pasien di ICU diutamakan bagi pasien sakit kritis, kondisi yang tidak stabil yang memerlukan bantuan alat-alat ventilasi, monitoring dam obat secara kontinyu. Indikasi pasien yang tidak perlu lagi mendapatkan perawatan ICU diantaranya karena telah meninggal, tidak ada kegawatan yang mengancam jiwa sehingga bisa dirawat diruang biasa, serta adanya permintaan keluarga yang mengajukan pulang paksa.

Pelayanan ICU diklasifikasikan menjadi 3 (tiga), yaitu ICU Primer, ICU Sekunder, ICU Tersier. Instalasi Perawatan Intensif yang ada di RSD Mardi Waluyo saat ini masuk klasifikasi ICU kategori sekunder, diantaranya telah memiliki ruang tersendiri, berdekatan dengan kamar bedah, ruang darurat dan ruang perawatan lain, memiliki kebijakan/kriteria pasien masuk, keluar dan rujukan, memiliki kepala ICU seorang dokter spesialis anestesi dan 50% perawatnya telah bersertifikat terlatih perawat terapi intensif.

Jaelani menambahkan, rata-rata lama inap pasien di ICU RSD Mardi Waluyo sekitar 1 - 3 hari, bahkan sampai 7 hari dikarenakan perlu dilakukan TPN (Total Parenteral Nutrition) bagi penderita dengan gangguan menelan, pencernaan dan absorbi. Peralatan ICU Sekunder yang telah dimiliki diantaranya ventilator, syringe pump, infus pump, defibrilator, drain thoraks, EKG manual, dan peralatan monitor lainnya. (humas)


FormLogin


Video Profil

Pengunjung


Polling

Kartu jaminan kesehatan yang Anda miliki ?
Askes (362)  
  
Jamkesmas (89)  
  
Jamsostek (33)


Website Link