Kini Lebih Baik
Close  

28 Juni 2014

Instalasi Farmasi RSD Mardi Waluyo Buka Layanan Konseling Seputar Penggunaan Obat

Blitar. Pelayanan obat di sebuah rumah sakit merupakan bagian tak terpisahkan dari pelayanan konsultasi dokter di poliklinik dan di ruang perawatan. Hal ini karena pasca diterimanya resep dari dokter rumah sakit, pasien biasanya mengambil obat di instalasi farmasi yang ada di rumah sakit tersebut.

M. Hari Pristantiningtyas, Apt, Kepala Instalasi Farmasi RSD Mardi Waluyo Kota Blitar mengatakan, pelayanan obat di instalasi farmasi dapat menerima resep dari pasien peserta BPJS, Surat Pernyataan Miskin (SPM) maupun reguler. Rata-rata resep yang dilayani sekitar 400 - 500 resep per harinya, didominasi dari BPJS. Pihaknya juga dapat menerima resep dari pasien pegawai PT. KAI dan PT. Telkom yang saat ini memiliki ikatan kerja sama dengan RSD Mardi Waluyo Kota Blitar.

Tanti menambahkan, prosedur pelayanan yang ada di Instalasi Farmasi dimulai dari penerimaan resep, pengecekan administrasi dan kelengkapan persyaratannya, pengambilan obat oleh asisten apoteker, dan pengecekan aturan pakai obat, dosis, setelah itu baru penyerahan obat kepada pasien. Dengan jumlah personil sekitar 24 orang, terdiri dari 4 apoteker, 16 asisten apoteker, dan 4 administrasi umum, waktu tunggu pasien untuk pelayanan obat jadi kurang dari 30 menit, sedangkan untuk obat racik kurang dari 60 menit.

"Waktu tunggu pasien dapat dipercepat dengan penambahan personil yang ada. Idealnya, instalasi farmasi memiliki 7 apoteker, dan 25 asisten apoteker". ujar Tanti.

Instalasi farmasi RSD Mardi Waluyo Kota Blitar saat ini sudah memiliki satu depo farmasi yang terletak di gedung rawat inap yang bertujuan untuk mendekatkan pasien di ruang perawatan dengan pelayanan obat yang dibutuhkan. Kedepannya, pihaknya mengusulkan akan menambah satu depo farmasi yang terletak didekat instalasi rawat jalan, seperti di sekitar poli bedah syaraf. Selain adanya depo, instalasi farmasi juga memiliki pelayanan informasi obat bagi perawat dan dokter seperti informasi indikasi, efek samping obat dan lainnya. Jadwal konseling seputar penggunaan obat untuk pasien luar juga digelar sejak 2009 tiap hari senin - rabu, pukul 09.00 - 12.00WIB. (humas)


FormLogin


Video Profil

Pengunjung


Polling

Kartu jaminan kesehatan yang Anda miliki ?
Askes (362)  
  
Jamkesmas (89)  
  
Jamsostek (33)


Website Link